Senin, 21 November 2016

Tugas Bedah Buku Psikologi Perkembangan


PSIKOLOGI PERKEMBANGAN


BEDAH BUKU

 
Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya
Karya:Dr.H.Hendra Sofyan, MSi

 Saya memulai bedah buku ini dari gambaran secara umum; yaitu:

-  Tampilan : bagus dan menarik. Gambar cover jelas kalau diperhatikan secara cermat. Cover bisa menjelaskan pekembanga anak usia dini
-  Bahasa : sudah memenuhi kaidah tata bahasa baku (S-P-O), membaca buku ini terasa ringan dan mudah dipahami karena bahasanya yang populer sehingga membuat topik yang sifatnya teoritis dan berat menjadi bagian yang enak untuk ”dikunyah”.
-  Isi : inovatif, lengkap dan memberikan gambaran apa yang perlu digali dari perkembangan anak usia dini dan cara praktis peningkatannya.
-  Cara penulis mengangkat topik perkembangan anak usia dini dan cara praktis peningkatannya begitu menggugah dan menggelitik, sehingga kita mengetahui perkembangan anak usia dini dan cara praktis peningkatannya
-  Secara keseluruhan buku ini sangat menarik karena memberikan informasi yang penting mengenai pentingnya pendidikan anak usia dini yang akan menjadi pondasi kuat dan penerus bagi masa depan bangsa Indonesia. Dan merupakan salah satu buku rujukan untuk memahami perkembangan anak usia dini terutama yang berkaitan dengan peningkatan perkembangan anak dengan pendekatan tematik.
Untuk itu, saya akan mencoba membahas bab-perbab dan memberi masukan atau saran-saran perbaikan.
BAB I : Pendahuluan
Bab ini menjelaskan tentang tujuan pembelajaran anak usia dini yang pada hakekatnya untuk mengembangkan setiap aspek perkembangan anak usia dini. Serta relevansinya dengan kurikulum pendidikan anak usia dini dan kesesuaianya dengan prinsip, karakteristik dan hakikat perkembangan anak. Dan merupakan salah satu buku rujukan untuk memahami perkembangan anak usia dini terutama yang berkaitan dengan peningkatan perkembangan anak dengan pendekatan tematik.
Bab 2 : Hakikat dan Landasan Perkembangan Anak Usia Dini
Saya melihat pengertian perkembangan anak usia dini belum cukup jelas terpapar, karena untuk pengertiannya masih pengertian perkembangan secara umum sebaiknya dikemukakan lebih spesifik menjurus kepada pengertian perkembangan anak usia dini secara jelas. Adapan dari prinsip perkembangan, teori perkembangan mulai dari berbagai perkembangan karakteristik manusia serta perkembangan aspek motorik, bahasa,  sosial-emosi, kognitif, serta aspek moral berikut tahapan perkembangan menurut beberapa ahli perkembangan secara jelas telah terpapar dalam buku ini.
BAB 3 : Anak Usia Dini

Pada bab ini pembaca disajikan bahwa anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya rentang usia 0-8 tahun. Dalam bab ini pun disajikan cara belajar anak usia dini disajikan secara rinci dengan adanya pengertian bermain, belajar melalui bermain, pengaruh bermain bagi perkembangan anak. Dan dibahas pula landasan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini baik landasan yuridis, filosofis dan religi serta landasan keilmuan dan empiris
Bab 4 : Pendekatan Tematik
Bab ini membahas tentang proses pembelajaran di TK yang menggunakan pendekatan tematik. Pembelajaran tematik diterapkan pada anak usia dini karena pada umumnya mereka masih melihat segala sesuatu sebagai suatu keutuhan (holistik). Dalam bab ini pun secara rinci dipaparkan pengertian tema, prinsip tema, pengertian pembelajaran tematik dan landasan pembelajaran tematik dan arti penting pembelajaran tematik, bahasan tentang pendekatan tematik telah terperinci namun sebagai pembaca sub materi dalam bab ini belum tersusun secara apik, hingga memerlukan penyusunan sub materi yang terarah sehingga pembaca memahami secara terarah materi-materi yang terdapat dalam pendekatan tematik tersebut.

BAB 5 : Pelaksanaan KBM di Taman Kanak-Kanak

Dalam bab ini dijelaskan secara mendetail pelaksanaan perkembangan anak usia dini dengan pendekatan tematik siklus pertama selama delapan kali pertemuan (2 minggu) dengan tema binatang mulai dari kegiatan baris berbaris, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, kegiatan makan, kegiatan istirahat dan kegiatan penutup.
BAB 6 : Peningkatan Perkembangan Anak Usia Dini dan Kaitannya dengan PTK (Contoh PTK untuk Meningkatkan perkembangan Anak Usia Dini

Dalam bab ini arahan dan petunjuk mengenai membuatan Penelitian Tindakan Kelas yang sangat berguna untuk penyusunan skripsi, tesis, maupun berguna untuk syarat kenaikan pangkat bagi pegawai negeri sipil.
BAB 7 : Rencana Kegiatan Harian atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian

Bab membahas tentang RPP harian untuk 12 sub tema disertai dengan konsep-konsep bermain anak disusun dan dirancang dengan tema dan subtema yang jelas.
BAB 8 : Alat Ukur Perkembangan Anak Usia Dini

Dalam bab ini berisi tentang alat ukur perkembangan anak usia dini dalam bentuk contoh format dengan kompetensi aspek perkembangan yang diamati pada anak usia dini disertai dengan petunjuk skor nilai, cara mengolahnya. Sehingga memudahkan bagi guru pemula untuk memberikan penilaian saat pembelajaran berlangsung.
Demikianlah bedah buku ini semoga bisa memberi banyak manfaat bagi penulis dan juga bagi kita semua yang menunggu buku ini dan kelanjutan buku lain dari Bapak Dr.H.Hendra Sofyan, MSi. Selamat menulis lagi dan lagi....

 (Susanti. NIM :P2A616004)





3


1 komentar:

  1. CasinoBonusOnline | Play Slots for Real Money, Free
    SlotsOnline is a 코인갤러리 leading provider of the most advanced and 벳플릭스 trusted casino software providers in the industry. 승인 전화 없는 꽁 머니 사이트 With 벳익스플로어 over 5000 m w88 games, you'll want to be

    BalasHapus