PSIKOLOGI
PERKEMBANGAN
BEDAH BUKU
Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya
Karya:Dr.H.Hendra Sofyan, MSi
Saya memulai bedah buku ini dari
gambaran secara umum; yaitu:
- Tampilan : bagus dan menarik. Gambar cover jelas
kalau diperhatikan secara cermat. Cover bisa menjelaskan pekembanga anak
usia dini
- Bahasa
: sudah memenuhi kaidah tata bahasa
baku (S-P-O), membaca buku ini terasa ringan dan mudah dipahami karena
bahasanya yang populer sehingga membuat topik yang sifatnya teoritis dan berat
menjadi bagian yang enak untuk ”dikunyah”.
- Isi
: inovatif, lengkap dan memberikan
gambaran apa yang perlu digali dari perkembangan
anak usia dini dan cara praktis peningkatannya.
- Cara penulis mengangkat topik perkembangan anak usia dini dan cara praktis peningkatannya begitu
menggugah dan menggelitik, sehingga kita mengetahui perkembangan anak usia dini dan cara praktis peningkatannya
- Secara keseluruhan buku ini sangat menarik karena memberikan
informasi yang penting mengenai pentingnya pendidikan anak usia dini yang akan
menjadi pondasi kuat dan penerus bagi masa depan bangsa Indonesia. Dan
merupakan salah satu buku rujukan untuk memahami perkembangan anak usia dini
terutama yang berkaitan dengan peningkatan perkembangan anak dengan pendekatan
tematik.
Untuk itu, saya akan
mencoba membahas bab-perbab dan memberi masukan atau saran-saran perbaikan.
BAB I : Pendahuluan
Bab
ini menjelaskan tentang tujuan pembelajaran anak usia dini yang pada hakekatnya
untuk mengembangkan setiap aspek perkembangan anak usia dini. Serta
relevansinya dengan kurikulum pendidikan anak usia dini dan kesesuaianya dengan
prinsip, karakteristik dan hakikat perkembangan anak. Dan merupakan salah satu
buku rujukan untuk memahami perkembangan anak usia dini terutama yang berkaitan
dengan peningkatan perkembangan anak dengan pendekatan tematik.
Bab
2 : Hakikat dan Landasan Perkembangan Anak Usia Dini
Saya melihat pengertian
perkembangan anak usia dini belum cukup jelas terpapar, karena untuk pengertiannya
masih pengertian perkembangan secara umum sebaiknya dikemukakan lebih spesifik
menjurus kepada pengertian perkembangan anak usia dini secara jelas. Adapan
dari prinsip perkembangan, teori perkembangan mulai dari berbagai perkembangan
karakteristik manusia serta perkembangan aspek motorik, bahasa, sosial-emosi, kognitif, serta aspek moral
berikut tahapan perkembangan menurut beberapa ahli perkembangan secara jelas
telah terpapar dalam buku ini.
BAB 3 : Anak Usia Dini
Pada
bab ini pembaca disajikan bahwa anak usia dini adalah sosok individu yang
sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi
kehidupan selanjutnya rentang usia 0-8 tahun. Dalam bab ini pun disajikan cara
belajar anak usia dini disajikan secara rinci dengan adanya pengertian bermain,
belajar melalui bermain, pengaruh bermain bagi perkembangan anak. Dan dibahas
pula landasan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini baik landasan yuridis,
filosofis dan religi serta landasan keilmuan dan empiris
Bab
4 : Pendekatan Tematik
Bab ini membahas
tentang proses pembelajaran di TK yang menggunakan pendekatan tematik.
Pembelajaran tematik diterapkan pada anak usia dini karena pada umumnya mereka
masih melihat segala sesuatu sebagai suatu keutuhan (holistik). Dalam bab ini
pun secara rinci dipaparkan pengertian tema, prinsip tema, pengertian
pembelajaran tematik dan landasan pembelajaran tematik dan arti penting
pembelajaran tematik, bahasan tentang pendekatan tematik telah terperinci namun
sebagai pembaca sub materi dalam bab ini belum tersusun secara apik, hingga
memerlukan penyusunan sub materi yang terarah sehingga pembaca memahami secara
terarah materi-materi yang terdapat dalam pendekatan tematik tersebut.
BAB 5 : Pelaksanaan KBM di Taman Kanak-Kanak
Dalam
bab ini dijelaskan secara mendetail pelaksanaan perkembangan anak usia dini
dengan pendekatan tematik siklus pertama selama delapan kali pertemuan (2 minggu)
dengan tema binatang mulai dari kegiatan baris berbaris, kegiatan pembukaan,
kegiatan inti, kegiatan makan, kegiatan istirahat dan kegiatan penutup.
BAB 6 : Peningkatan Perkembangan Anak Usia Dini dan
Kaitannya dengan PTK (Contoh PTK untuk Meningkatkan perkembangan Anak Usia Dini
Dalam
bab ini arahan dan petunjuk mengenai membuatan Penelitian Tindakan Kelas yang
sangat berguna untuk penyusunan skripsi, tesis, maupun berguna untuk syarat
kenaikan pangkat bagi pegawai negeri sipil.
BAB 7 : Rencana Kegiatan Harian atau Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Harian
Bab
membahas tentang RPP harian untuk 12 sub tema disertai dengan konsep-konsep
bermain anak disusun dan dirancang dengan tema dan subtema yang jelas.
BAB 8 : Alat Ukur Perkembangan Anak Usia Dini
Dalam bab ini berisi
tentang alat ukur perkembangan anak usia dini dalam bentuk contoh format dengan
kompetensi aspek perkembangan yang diamati pada anak usia dini disertai dengan petunjuk
skor nilai, cara mengolahnya. Sehingga memudahkan bagi guru pemula untuk memberikan
penilaian saat pembelajaran berlangsung.
Demikianlah bedah buku ini semoga bisa
memberi banyak manfaat bagi penulis dan juga bagi kita semua yang menunggu buku
ini dan kelanjutan buku lain dari Bapak Dr.H.Hendra
Sofyan, MSi. Selamat menulis lagi dan lagi....
(Susanti P2A616004)
3
The best gambling sites 2020 - DrmCMD
BalasHapus2021 · Las 안동 출장샵 Vegas Sands 시흥 출장마사지 Casino: Best For Slots · Vegas Sands: Best 삼척 출장마사지 For Table Games 김포 출장안마 · Las Vegas 당진 출장마사지 Sands: Best For Sports Betting · New York